Serunya City Tour di Kota Gede, Yogyakarta

Yogyakarta menyimpan banyak tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah yang luar biasa. Salah satu tempat tersebut adalah kawasan Kota Gede. Kota Gede in merupakan kawasan kota tua yang ada di Jogja. Kotagede menjadi saksi sejarah dari perkembangan kesultanan Mataram Islam di pulau Jawa pada abad ke 16 hingga abad ke 17 hingga kemudian pecah mejadi dua kesultanan yaitu Kesunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta akibat dari perang saudara yang kemudian di sahkan dalam Perjanjian Giyanti.

Sebagai bekas ibu kota sebuah kerajaan besar, di kawasan ini masih terdapat sisa-sisa peninggalan dari kerajaan ini. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini karena terdapat objek-objek wisata yang menarik. Apa saja hal-hal menarik yang bisa dilakukan saat berkunjung ke tempat ini? Berikut rangkumannya:

  1. Mengunjungi Kompleks Makam Pasarean Mataram dan Masjid Besar Mataram

Peninggalan yang paling tampak dan masih dapat dinikmati oleh para wisatawan yang datang ke kawasan ini adalah Kompleks Makam Pasarean Mataram dan Masjid Besar Mataram. Di kawasan masjid ini suasana tradisonal masih sangat terasa. Atmosfer di tempat ini seperti di dalam lingkungan kraton lengkap dengan pagar batu berelief yang mengelilingi masjid, selain itu terdapat pula pelataran yang luas dengan pohon sawo kecik, serta sebuah bedug berukuran besar. Wisatawan bisa melihat arsitektur masjid yang klasik.

Di dekat masjid ini terdapat makam raja-raja Mataram antara lain makam Panembahan Senopati yang merupakan pendiri dan raja pertama kerajaan ini. Beliau dimakamkan di sini berdekatan dengan makam sang ayah dan juga keluarganya sebelum komplek pemakaman di pindah  di daerah Imogiri oleh Sultan Agung. Komplek makam ini bernama komplek Pasarean Mataram. Di komplek pemakam ini wisatwan dapat melihat bangunan khas Mataram Islam yang berupa gapura dan juga tembok-tembok tinggi yang terbuat dari batu bata lengkap dengan ornamen-ornamen berupa keramik yang menempel di dinding tembok.

  1. Mengunjungi Coklat Monggo

Kegiatan selanjutnya adalah mengunjungi toko produksi Coklat Monggo. Coklat Monggo merupakan produk coklat yang berasal dari Kota Gede. Coklat ini memiliki cita rasa yang khas perpaduan antara Eropa dengan lokal. Coklat Monggo  sangat terkenal karena kelezatannya. Wisatawan yang penasaran bisa datang dan membelinya di pusatnya langsung sembari menikmati suasana toko yang teduh dan asri.

  1. Berburu kerajianan perak

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan di Kota Gede adalah berburu kerajinan perak. Kota Gede merupakan pusat kerajinan perak di Jogja. Wisatawan yang menyukai kerajinan perak bisa mengunjungi toko-toko perak yang ada di kawasan ini sembari melihat proses pembuatannya. Perak produksi Kota Gede sangat indah dan menarik sehingga banyak wisatawan yang membelinya.

Sebagai kota tua bekas Ibukota kerajaan, Kota Kotagede merupakan kota warisan (heritage) yang memiliki banyak hal yang menarik. Wisatawan bisa mengunjungi kawasan ini dan mencatatnya dalam paket wisata Jogja.

Leave a Comment