Seberapa Efektifkah Ginseng untuk Menurunkan Berat Badan?

Sebagian besar ahli kesehatan setuju bahwa, dengan ginseng sendiri tidak begitu efektif untuk menurunkan berat badan. Ginseng adalah ramuan yang memiliki banyak manfaat dan kegunaan yang terdokumentasi.

Banyak orang menggunakannya bersamaan dengan rencana penurunan berat badan lainnya dan mungkin mengklaim bahwa hal itu dapat mempercepat hasil atau membuatnya lebih mudah untuk menurunkan berat badan berlebih – namun dalam kebanyakan kasus, hasil ini sangat individual dan tidak didasarkan pada dukungan ilmiah apa pun.

Ramuan ini paling sering digunakan sebagai stimulan, dan justru bisa mendorong nafsu makan pada orang yang mengonsumsinya. Ini juga bisa membantu mengurangi gula darah, yang bisa membuatnya sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Menambahkan ginseng ke makanan yang sudah sehat dapat membantu seseorang memperbaiki kesehatannya, tapi kecuali orang itu juga dan sudah benar-benar memperhatikan kalori dan memasukkan aktivitas fisik setiap hari, menurut Dampar.com suplemen saja tidak mungkin menyebabkan perubahan berat badan yang signifikan.

Memahami Ginseng

Beberapa pelaku diet menggunakan ginseng untuk menurunkan berat badan karena dilaporkan mempercepat metabolisme yang lamban dan meningkatkan tingkat energi. Ini bisa membantu seseorang untuk merasa lebih baik dan lebih aktif, dan dengan demikian meningkatkan penurunan berat badan.

Klaim ini tidak selalu universal dan mereka cenderung sangat bergantung pada orang tersebut. Sampai-sampai mereka juga bisa bergantung pada jenis ginseng yang diambil juga.

Penting bagi pelaku diet untuk menyadari bahwa ada beberapa ramuan berbeda yang menggunakan nama “ginseng,” termasuk varietas Amerika, Siberia, dan Asia.

Ginseng Amerika, yang dikenal secara formal seperti Panax quinquefolius, dan ginseng Asia, atau Panax ginseng, adalah beberapa varietas yang paling umum untuk disertakan dalam minuman energi karena kemampuan mereka untuk meningkatkan ketajaman mental dan stamina fisik.

Apa pun yang membawa nama “ginseng” secara biologis terkait dengan kedua jenis tanaman ini, namun mungkin tidak membawa manfaat yang sama.

Stimulan

Meski tidak terbukti dapat membantu turunkan berat badan secara langsung – manfaat mengkonsumsi ginseng termasuk mengurangi kelelahan, meningkatkan stamina tubuh, dan mengobati kondisi seperti disfungsi ereksi.

Semua penggunaan ini menunjukkan bahwa ginseng bertindak sebagai stimulan yang dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme seseorang. Dengan metabolisme yang lebih cepat, pelaku diet bisa mengkonsumsi asupan makanan yang sehat sementara kalori lebih sedikit berubah menjadi lemak.

Penurunan kalori lemak biasanya akan mengakibatkan penurunan berat badan, terutama jika dikombinasikan dengan aktivitas fisik.

Apakah ini merupakan manfaat yang melekat pada ramuan ini umumnya tidak diketahui. Beberapa penelitian yang telah dilakukan pada berbagai jenis ginseng menunjukkan bahwa suplemen tersebut mungkin menawarkan beberapa manfaat ini untuk tikus, namun studi yang sesuai pada manusia belum sesukses itu. Banyak tergantung pada individu, dan sulit untuk membuat kesimpulan umum.

Penggunaan lain yang dilaporkan untuk ginseng adalah sebagai pengobatan untuk kehilangan nafsu makan, yang tampaknya bertentangan dengan penggunaan ginseng untuk menurunkan berat badan.

Meski suplemen ini bisa memberi energi lebih banyak, bisa juga membuat mereka makan lebih banyak. Hal ini bisa dikaitkan dengan kemampuan beberapa jenis ginseng untuk menurunkan gula darah; Bila kadar gula darah rendah, orang menjadi lapar dan sering mendambakan makanan yang tinggi gula.

Orang yang menggunakan ginseng dengan harapan menurunkan berat badan kemungkinan akan mendapatkan keuntungan paling banyak dengan meningkatkan asupan makanan sehat dan berolahraga secara teratur untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap normal.

Kemampuan Mengendalikan Gula Darah

Meskipun tidak ada bukti jelas bahwa semua jenis ginseng dapat membantu menurunkan berat badan, penelitian menunjukkan bahwa varietas Amerika dan Asia dapat membantu menurunkan gula darah, yang juga disebut glukosa darah, pada orang yang memiliki diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 adalah kondisi medis dimana pankreas tidak lagi mampu menghasilkan insulin yang dibutuhkan untuk memecah dan memberi makan gula pada makanan.

Keamanan dan Efek Samping

Profesional medis mengingatkan orang untuk tidak mengkonsumsi ginseng untuk menurunkan berat badan atau tujuan lain kecuali di bawah pengawasan. Hal ini terutama berlaku untuk penderita diabetes.

Seseorang yang sudah minum obat untuk membantu mengatur kadar gula darahnya mungkin mendapati bahwa mengkonsumsi ginseng menurunkan kadar terlalu banyak, yang dapat menyebabkan kondisi berbahaya yang disebut hipoglikemia. Penderita diabetes yang mengkonsumsi ginseng harus memantau kadar glukosa darah mereka secara teratur.

Ginseng biasanya dianggap aman saat dikonsumsi dalam waktu yang relatif singkat, meski beberapa orang mungkin memiliki reaksi alergi. Efek samping yang paling umum adalah insomnia.

Dianjurkan agar wanita yang sedang hamil atau menyusui mengkonsumsi suplemen ini. Selain itu, ginseng Amerika tidak boleh digunakan oleh orang-orang yang mengkonsumsi warfarin atau obat antikoagulan lainnya karena risiko interaksi serius. Suplemen ini juga dapat mempengaruhi keefektifan beberapa jenis antidepresan tertentu.

Menetapkan Tujuan Menurunkan Berat Badan Secara Sehat

Meskipun beberapa orang mengklaim keberhasilan menggunakan ginseng untuk menurunkan berat badan, mengkonsumsi suplemen ini seharusnya tidak menjadi satu-satunya metode yang digunakan untuk mencapai tujuan berat badan.

Mengonsumsi makanan sehat dan melakukan aktivitas fisik secara teratur biasanya merupakan bagian terpenting dari pengendalian berat badan jangka panjang. Ginseng bisa membantu pelaku diet mencapai hasil lebih cepat, namun tidak dengan tidak adanya perilaku sehat lainnya.

Kebanyakan ahli juga menyarankan untuk menetapkan tujuan penurunan berat badan secara perlahan daripada mencari solusi segera. Ginseng bisa menjadi bagian dari rencana ini, tapi seharusnya tidak menjadi satu-satunya alat di gudang senjata pelaku diet.

Leave a Comment