Wisata Pantai di Yogyakarta

Sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan lautan, tentunya Jogja memiliki wisata pantai. Ya pasti lah, yang namanya pantai kan memang pertemuan laut dengan daratan, hehehe. Namun dengan statusnya sebagai kota wisata, tentunya kekayaan alam berupa pantai sangat menguntungkan bagi Yogyakarta mengingat tidak semua kota wisata memiliki pantai sebagai keragaman tempat wisatanya. Jogja memiliki bentangan pantai dari barat yang berada di Kabupaten Kulon Progo hingga ke timur yang berada dalam wialyah administrasi Kabupaten Gunung Kidul. Brikut ini beberapa wisata pantai yang ada di Jogja.

Pantai Glagah. Pantai Glagah atau biasa disebut dengan nama Pantai Glagah Indah ini terletak di wilayah Kabupaten Kulon Progo. Hal yang menarik dari pantai ini adalah, adanya dermaga dan juga susunan pemecah ombak yang sangat eksotis.

Pantai Gua Cemara. Pantai Gua Cemara berada di kawasan Bantul Selatan. Lokasinya berada di dekat Jalur Lintas Selatan. Tempat wisata murah di Jogja ini memiliki kelebihan dengan adanya pepohonan cemara udang yang rimbun di sepanjang pantainya.

Pantai Baron. Pantai Baron masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Gunung Kidul. Seperti pantai – pantai di Gunung Kidul pada umumnya, Baron memiliki pasir yang berwarna putih. Selain itu, saat air laut sedang surut, para pengunjung dapat menuju ke bibir pantai untuk bermain air ataupun melihat tumbuhan laut atau ikan yang berwarna – warni yang berada di karang – karang yang menjadi dangkal airnya karena sedang surut.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *