Ciri dan Gejala DBD Pada Orang Dewasa

Ciri dan Gejala demam berdarah Pada Orang Dewasa – Demam berdarah dengue atau yang dikenal dengan DBD ini tergolong penyakit mematikan bahkan termasuk dalam salah satu penyakit yang sudah memakan banyak korban di Indonesia. Demam berdarah sebetulnya ada dua jenis yaitu demam berdarah biasa dan DBD, namun yang paling mematikan adalah DBD. Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk ini dapat berkembang dengan cepat saat musim hujan tiba. Berbagai cara untuk mencegah dan mengobatinya pun juga beragam namun tetap saja jika tidak terdeteksi secara dini akan cepat menghabisi nyawa seseorang. Berikut ini ada ulasan mengenai penyebab DBD dan gejala apa saja yang timbul pada penderitanya.

Penyebab Utama DBD

Nyamuk Aedes agypti merupakan penyebar virus Dengue oleh karena itu sangat bahaya sekali jika tergigit oleh nyamuk ini. Memang tidak semua nyamuk menularkan virus Dengue ini karena hanya nyamuk yang memiliki ciri-ciri belang hitam dan putihlah yang paling berbahaya namun juga tidak memungkiri jika ada jenis nyamuk lain juga berbahaya seperti nyamuk chikunguya. Nyamuk ini bersarang pada tempat-tempat yang terdapat air bersih terutama yang tergenang, bertelur, dan menghasilkan jentik nyamuk. Nantinya akan tumbuh besar dan mulai mencari darah sebagai makanannya. Itulah mengapa sangat penting sekali untuk mencegah penyakit ini menyebar dan menyerang manusia.

Gejala DBD Pada Orang Dewasa

Tiba-tiba Demam Tinggi

Pengidap penyakit DBD memang kebanyakan merasakan demam yang tinggi, walau sudah meminum obat tidak kunjung reda juga. Demam itu sendiri sebetulnya merupakan metabolisme pertahanan tubuh untuk melawan penyakit yang serius, namun jika demam ini tidak segera di atasi akan menjadi lebih berbahaya. Indikasi demam tinggi ini juga belum tentu demam berdarah saja karena kebanyakan penyakit mengindikasikan hal yang sama.

Tubuh Serasa Menggigil

Indikasi gejala DBD selanjutnya adalah tubuh merasa terus menggigil. Padahal kondisi sedang demam tinggi namun diimbangi dengan rasa menggigil yang hebat. Walau sudah diberi selimut dan kehangatan pun masih belum cukup. Jika sudah seperti ini sebaiknya langsung dibawa ke pihak medis untuk mendapatkan pertolongan serta pengecekan lebih lanjut.

Pusing

Selain beberapa kendala di atas masih ditambah dengan pusing. Virus yang sudah masuk akan berkembang dan menyebar melalui darah sehingga sampai ke bagian tubuh atas. Rasa pusing yang tidak tertahankan memang kadang hilang sendiri namun akan datang lagi secara tidak menentu.

Tenggorokan Terasa Sakit

Selain itu penderita DBD dewasa mengeluh tenggorokannya merasakan sakit yang hebat. Untuk penangan di rumah sakit biasanya dilakukan beberapa tahap menggunakan obat dan alat lainnya sehingga tubuh tetap stabil.

Banyak Bintik Merah

Bintik merah ini bukan keran bekas gigitan nyamuk tersebut melainkan pembuluh darah yang pecah. Gejala DBD pada orang dewasa ini memang menjadi indikator penting karena jika sudah ada banyak disertai gejala sebelumnya berarti kemungkinan besar mengidap penyakit DBD. Segera periksakan kondisi penderita penyakit tersebut karena jika terlewat beberapa hari saja bisa merenggut nyawanya.

Adanya Ruam Merah

Jika bintik merah sudah berlebihan akan membentuk ruam merah pada kulit. Jika sudah kondisi begini akan sangat sulit disembuhkan hanya di rumah saja. Bisa jadi sudah sampai pada stadium akhir dan hanya menunggu penanganan yang lebih serius. Pada kasus yang serius pun pasien dengan gejala seperti ini sudah tidak bisa diselamatkan karena sudah terlalu parah dengan virus yang sudah terlanjut menyebar seluruh tubuh penderitanya.

Bagi Anda yang memiliki gejala di atas segera memeriksakan ke pihak medis karena ditakutkan sesuatu yang tidak diinginkan bisa terjadi. Makan makanan yang sehat dan imbangi dengan olahraga yang cukup, dan yang paling penting untuk terus melakukan upaya pencegahan penyakit DBD

Leave a Comment