Cara Menjalankan Pola Hidup Sehat

Gaya hidup sehat adalah cara hidup terbaik yang harus diterapkan oleh setiap manusia. Dengan hidup sehat, Anda akan jarang sakit dan menikmati tubuh sehat yang berada di atas rata-rata. Tapi bagaimana Anda bisa membuat gaya hidup sehat?

Semua orang tidak akan terluka. Karena penyakit ini pasti tidak nyaman, apalagi ditambahkan ke biaya ke dokter jika sakitnya parah. Bahkan kondisi tubuh membuat tidak mungkin bekerja, pergi ke sekolah dan mengurus keluarga. Mungkin orang lain sangat khawatir untuk merawat Anda.

Ini hanya sedikit masalah penyakit. Jadi bukankah lebih baik jika Anda mencoba menghentikannya? Sebenarnya, ada penyakit yang tak terelakkan. Tapi ada juga banyak cara untuk mencegah penyakit dan penyakitnya tidak cepat datang. Dan cara yang paling ampuh adalah menerapkan gaya hidup sehat. Pertimbangkan 5 cara praktis berikut untuk cara hidup sehat.

Cara Menjalankan Pola Hidup Sehat

  1. Jaga kebersihan

“Cuci tangan adalah salah satu langkah terpenting untuk mencegah penyebaran penyakit dan menjaga kesehatan.” Ini adalah pernyataan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Bila tangan kotor menyentuh hidung atau mata, kuman bakteri mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan berbagai penyakit, seperti flu.

Langkah pencegahan terbaik dan sederhana adalah rajin mencuci tangan. Menjaga kebersihan tangan Anda bisa terhindar dari penyakit berbahaya seperti diare dan pneumonia. Kedua penyakit ini telah menegaskan kematian dua juta lima tahun dan di bawah setiap tahun. Kebiasaan mencuci tangan juga merupakan cara ampuh untuk mengurangi penyebaran penyakit mematikan Ebola yang klasik.

Kebiasaan mencuci tangan sangat penting dalam kondisi tertentu untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain. Misalnya setelah menggunakan toilet. Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang tidak mencuci tangan setelah menggunakan pemandian umum dan banyak yang hanya tangan mencuci tangan. Cara mencuci tangan yang baik dan benar.

  1. Gunakan air bersih

Di banyak negara, persediaan air bersih selalu tersedia. Tapi di mana-mana, persediaan air bersih bisa tercemar oleh bencana alam, kerusakan hidrolik atau masalah lainnya. Air yang terkontaminasi bisa menjadi tempat pengumpul hama dan pemakaiannya bisa menyebabkan kolera, tifus, diare, hepatitis, atau banyak penyakit lainnya. Sumber air minum yang terkontaminasi adalah salah satu penyebab kasus diare 1,7 miliar setiap tahunnya.

Apa yang bisa dilakukan untuk menghindari ancaman penyakit untuk minum air yang terkontaminasi? Coba ikuti metode berikut.

Pastikan air biasa diminum, buat es batu, cuci makanan dan peralatan, masak dan sikat gigi dari sumber yang bersih.

Jika air keran terkontaminasi, rebus airnya dan coba bersihkan dengan bahan kimia tertentu. Gunakan bahan kimia pembersih (seperti klorin) sesuai petunjuk penggunaannya.

Gunakan saringan air yang berfungsi dengan baik.

Simpan air yang disaring atau bersih dalam wadah bersih dan tertutup.

Gunakan wadah air bersih (seperti ember atau galon).

Bersihkan tangan Anda sebelum menangani wadah air dan jangan meletakkan tangan Anda dengan air minum.

  1. Diet yang baik

Anda membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjaga tubuh tetap sehat. Nutrisi ini didapat dari makanan bergizi dan ini berarti Anda harus memiliki makanan yang baik. Perhatikan jumlah gula, lemak, garam dan makanan. Ragam makanan yang dikonsumsi dan mengalikan konsumsi buah dan sayuran.

Untuk mendapatkan protein, makanlah daging dan telur sesekali. Dalam seminggu, makan ikan beberapa kali, jika memungkinkan. Sumber makanan protein lainnya juga berasal dari sayuran dan kacang-kacangan, seperti tahu dan tempe. Jika memungkinkan, pilihlah sumber pengganti nasi putih yang sehat. Ini termasuk beras merah dan beras hitam yang merupakan nutrisi terlengkap.

Itulah 3 cara hidup sehat yang dikutip dari https://www.alaminia.com/ dan beberapa sumber-sumber lainnya. Semoga Bermanfaat…..

Leave a Comment