Jenis Buah Untuk Diabetes Yang Aman Dikonsumsi

Buah untuk diabetes terdapat beberapa macam, dimana buah ini sangat aman dikonsumsi. Diabetes merupakan penyakit berbahaya karena penderitanya hanya dapat mengontrol gula darah namun tidak dapat menyembuhkannya seperti penyakit lain. Dan juga penderita diabetes dapat menurunkan penyakitnya kepada anak atau cucunya. Tentunya hal ini sangat berbahaya, mengingat gula darah penderita harus dalam keadaan stabil. Sebab jika gula darah menjadi tinggi dapat membahayakan nyawa penderita.

Diabetes sendiri merupakan penyakit nomor 2 sebagai pembunuh di dunia, diabetes dapat menyerang apabila seseorang gemar mengkonsumsi makanan manis serta malas berolahraga. Walaupun tidak selamanya penyakit diabetes menyerang akibat gaya hidup yang salah. Penyakit ini semakin diperparah dengan gejala yang tidak jelas, sehingga susah dideteksi dari awal dan ketahuan apabila telah parah keadaanaya.

Buah Untuk Diabetes Yang Dapat Mengontrol Gula Darah

Terdapat beberapa jenis buah untuk diabetes yang wajib untuk diketahui oleh penderita diabetes, sebab penderita diabetes memiliki beberapa pantangan makan agar gula darahnya dapat terkontrol. Sebab penderita diabetes dilarang mengkonsumsi makanan dengan gula yang berlebihan.

  1. Kiwi

Tentunya kamu tidak asing dengan buah bewarna hijau ini, buah ini cukup aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena terdapat kandungan fruktosa di dalamnya. Dan juga serat pada buah ini mudah untuk dicerna. Buah ini tidak dapat meningkatkan kadar gula darah karena memiliki senyawa glikemik yang rendah. Dengan mengkonsumsi buah ini maka dapat meningkatkan kinerja insulin dalam menyerap glukosa sehingga kadar gula darah dapat berkurang hal ini dikarenakan terdapat kandungan insitol. Dan kandungan vitamin A dan C dapat membantu proses penyembuhan penyakit diabetes.

  1. Apel

Buah ini tidak hanya bagus untuk diet namun juga termasuk dalam buah bagi penderita diabetes. buah ini memiliki kandungan glikemik yang rendah. Serta terdapat kandungan pektin yang dapat mengontrol gula darah dan terdapat kandungan anti inflamasi yang terdapat pada buah sehingga dapat memulihkan penderita diabetes dengan cepat.

  1. Pisang

Tidak hanya bagus untuk pencernaan namun pisang juga baik untuk penderita diabetes. Sebab pisang dapat menjadi pengganti karbohidrat sehingga penderita tidak perlu lagi untuk mengkonsumsi nasi secara berlebihan. Kandungan glikemiks pada pisang juga rendah serta senyawa mineral pada pisang dapat mengontrol tekanan darah.

  1. Nanas

Buah berwarna kuning merupakan buah yang tumbuh di daerah tropis, berasal dari Brazil dan Bolivia terdapat kandungan karbohidrat, kalsium, dan vitamin C. Dimana membuat buah ini termasuk dalam buah untuk diabetes. Buah nanas juga memiliki kolestrol serta lemak yang tidak jenuh jadi jika penderita sedang melakukan diet sehat sangat bagus untuk mengkonsumsi buah ni sebanyak 15 gr perhari.

  1. Mangga

Buah ini snagat tidak asing bagi masyarakta Indonesia, memiliki kandungan polifenol membuat buah ini sangat mampu menurunkan kadar gula darah. Dan juga buah mangga mengandung antioksidan yang dapat membuat sistem imun menjadi meningkat, sehingga jika dikonsumsi secara teratur maka kamu tidak akan mudah terserang penyakit.

  1. Pir

Buah pir sangat kaya dengan kandungan airnya sehingga sangat bagus untuk kesehatan. Buah pir juga mengandung antosianin dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi resisttensi inuslin. Dan juga buah pir sangat tinggi serat sehingga dapat menurunkan kadarkolestrol yang terdapat pada penderita obesitas yang terkena penyakit diabetes.

Leave a Comment