Ciri-ciri jajanan yang tidak sehat untuk anak anak

Jajanan merupakan salah satu makanan yang disukai oleh anak-anak. Nah, disini anda sebagai orang tua berperan penting untuk menjaga kesehatan anak, apalagi tentang  jajanan anak yang terkadang tidak bersih dan banyak mengandung bakteri. Nah, disini akan saya bahas tentang ciri-ciri jajanan yang tidak sehat bagi anak anda, berikut adalah hal yang perlu anda ketahui.

Warna Jajanan Yang Mencolok

Kandungan zat pewarna kimia memang amat membahayakan bagi makanan dan minuman. Itulah sebabnya zat pewarna kimia tak pantas dipakai untuk pembuatan jajanan buah hati. Anda wajib lebih waspada saat menemukan jajanan yang warnanya mencolok. Si-si kecil gampang berminat pada jajanan yang warnanya kelihatan menggugah selera. Hal inilah yang membikin beberapa penjual jajanan memilih pengaplikasian zat pewarna kimia yang harganya ekonomis dan warnanya mempesona.

Cita Rasa Yang Terlalu Tajam

Tak cuma zat pewarna, zat aditif berupa aneka variasi perasa sintetis juga sering kali ditambahkan pada jajanan buah hati. Ragam rasanya benar-benar pelbagai dan gampang menggugah selera si kecil. Penerapan zat perasa sintetis ini akan memunculkan cita rasa yang tajam dan tak natural. Seumpama, pengaplikasian zat pemanis sintetis umumnya disertai sensasi rasa pahit pada lidah. Seandainya dikonsumsi terus-menerus, zat perasa sintetis akan menyebabkan gangguan metabolisme pada sejumlah organ tubuh.

Penyajian Makanan Yang Kurang Higienis

Unsur penyajian makanan juga bisa memberi pengaruh mutu jajanan si kecil. Lazimnya jajanan yang kurang sehat diperkenalkan ala kadarnya dengan kemasan berupa lembaran koran atau kertas bekas. Jajanan yang diletakkan di daerah terbuka penuh debu dan dihinggapi lalat juga berisiko bagi kesehatan buah hati. Pastikan bahwa Anda telah akurat melihat lingkungan di sekitar penjual jajanan sebelum si kecil membelinya.

Itulah beberapa informasi yang dapat anda tambahkan didalam sebuah daftar jajanan yang dapat merusak kegiatan anak-anak. Nah, semoga bermanfaat ya.

Leave a Comment