Ornamen Masjid Minimalis Yang Modern Dengan Sentuhan Islami

Arsitektur islam merupakan karya seni pada bangunan yang menggunakan konsep islam yang bersumber dari Al-Qur’an. Arsitektur islam, terutama pada masjid telah berkembang sangat luas, arsitektur islam yang sudah ada sejak jaman dahulu membantu membentuk peradaban islam hingga saat ini. Arsitektur islam pada masjid selalu berkembang, dipengaruhi oleh budaya-budaya yang ada, seperti misalnya budaya arab, cordoba, persia dan juga wali songo di Indonesia. Pada jaman yang telah modern ini, arsitektur masjid sudah mulai ada sentuhan modern. Seperti dalam penggunaan kubah dan ornamen masjid minimalis. Dengan berbagai ide kreatif arsitek modern, pembangunan masjid yang modern dengan sentuhan yang minimalis maupun kontemporer mampu memperindah masjid tanpa mengurangi fungsi dan nilai dari masjid sebagai tempat ibadah itu sendiri.

Baca: karpet masjid harga murah

Walaupun dalam masjid memiliki bentuk yang lebih modern dengan ornamen masjid minimalis, namun dalam arsitekturnya tetap menyesuaikan dengan kaidah islam seperti berikut.

  1. Tidak terdapat gambar ataupun ornamen berupa makhluk hidup (manusia, hewan)
  2. Ornamen yang dibuat mengingatkan kepada Allah SWT
  3. Masjid tidak dibangun untuk kesombongan
  4. Pengaturan ruang pada tempat ibadah harus disesuaikan untuk menjaga akhlak dan juga perilaku
  5. Toilet tidak diperbolehkan untuk menghadap ataupun membelakangi kiblat
  6. Adanya masjid tidak boleh merugikan lingkungan sekitar
  7. Selama proses pembangunan, meminimalisir kerusakan alam
  8. Warna yang digunakan adalah warna alam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT

Ornamen atau hiasan yang berasal dari kata latin ornare yang berarti menghiasi sering digunakan pada masjid untuk mendapatkan ornamen masjid minimalis adalah ornamen geomatris islami motif zillij yang memiliki ciri khas mengulang bentuk geometrisnya sehingga akan terbentuk garis yang saling menyambung. Ornamen zillij biasanya digunakan untuk menghias dinding, lantai dan bahkan air mancur. Setiap motifa dan warna yang digunakan memiliki makna khusus. Kelebihan dari ornamen geometris zillij adalah motif zillij memiliki kombinasi warna dan pola yang tidak terbatas, bisa dikreasikan sesuai dengan kreatifitas masing-masing dan dapat dikombinasikan dengan gaya mediteranian ataupun gaya kontemporer yang lebih modern.

 

Leave a Comment