Penyebab, Gejala dan Cara Menyembuhkan Wasir Secara Alami

(Doc/Herbal oke)
(Doc/Herbal oke)

Wasir atau yang biasa sering dikenal dengan ambeyen. Merupakan sebuah penyakit pada bibir anus yang mengalami bengkak. Jika penyakit ini sudah terlalu parah bisa saja anus anda mengeluarkan darah. Penyakit ini sering menjangkit kebanyakan masyarakat. Untuk itu banyak masyarakat yang mencari cara mengatasi wasir secara alami. Karena terkadang banyak masyarakat yang takut melakukan prosedur dokter yang harus menggunakan sebuah alat. Dan kebanyakan masyarakat takut untuk mengkonsumsi obat obatan karena takut ketergantungan ataupun memiliki efek samping. Sehingga banyak masyarakat yang lebih menyukai baham bahan alami untuk digunakan sebagai obat. Selain mudah didapat, bahan alami memiliki kandungan yang lebih jelas. Sehingga banyak masyarakat yang lebih percaya mengkonsumsi bahan alami dibandingkan dengan obat jenis tertentu.

Gejala awal munculnya penyakit wasir adalah terdapat benjolan pada daerah sekitar bibir anus anda. Yang jika tidak segera diobati bisa saja menjadi lebih besar. Untuk itu, jika anda sudah merasakan adanya gejala penyakit tersebut. Sebaiknya anda segera mencari pengobatan wasir secara alami. Agar penyakit anda tidak semakin parah. Dengan pengobatan dini, dapat membuat penyakit anda bisa disembuhkan. Namun jika sudah terlalu parah, maka akan sulit untuk diobati. Jika suda parah maka anda harus dioperasi untuk dapat menyembuhkan penyakit tersebut. Untuk itu, sangatlah penting bagi anda untuk menjaga kondisi tubuh dan makanan anda sehari hari.

Beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya penyakit wasir haruslah anda ketahui. Agar anda mampu menghindari dan tidak terjangkit penyakit tersebut. Duduk terlalu lama bisa menyebabkan penyakit wasir. Karena ketika anda duduk, maka bibir anus akan melebar. Dan bisa mengakibatkan timbulnya benjolan pada anus anda. Selain itu, sulit buang air besar juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya wasir. Pasalnya tubuh anda kekurangan asupan air putih maupun serat dari makanan yang anda konsumsi. Pola makan yang tidak baik akan menyebabkan sulitnya pencernaan pada tubuh anda. Sehingga dapat menimbulkan wasir. Untuk itu sebaiknya anda lebih memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang anda konsumsi. Berikut adalah beberapa cara mengobati wasir secara alami :

  • Menggunakan bawang putih. Ambilnya dua butir kemudian haluskan. Campurkan bawang tersebut dengan air dan aduk rata. Siapkanlah wadah untuk menampung olahan tersebut. Siapkanlah kain kemudian celupkan pada wadah tersebut. Peras airnya dan gunakan kain tersebut untuk membasuh bagian anus anda. Oleskan setiap hari pada bagian anus anda. Usahakan oleskan setelah anda buang air besar. Karena pada saat tersebut wasir lebih mudah dijangkau karena posisinya keluar. Lakukanlah cara tersebut serta diimbangi dengan mengkonsumsi air putih secara teratur agar penyakit wasir anda dapat segera sembuh.
  • Menggunakan cuka apel. Bahan alami tersebut dipercaya dapat digunakan untuk pengecilkan pembuluh darah yang membesar. Serta dapat mengatasi pembengkakan ataupun iritasi. Caranya adalah anda bisa larutkan cuka apel dengan air. Kemudian anda bisa oleskan campuran tersebut pada bagian anus anda. Setelah dioleskan anda bisa mengoleskan bagian anus anda menggunakan minyak kelapa. Lakukanlah secara teratur sehari sekali.
  • Menggunakan es batu. Bungkuslah es batu dengan kain kemudian komprrs bagian benjolan pada anus anda. Hal tersebut dipercaya dapat membantu untuk mengempeskan benjolan tersebut. Selain itu hal ini dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit akibat wasir.

 

Nah, itulalah tadi beberapa ulasan mengenai cara alamai mengatasi wasir, semoga informasi pada artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment