Berapa rakaat sholat dhuha

Berapa rakaat sholat dhuha adalah salah satu pertanyaan dari beberapa umat muslim maka beberapa hadist shahih menerangkan bahwa jumlah rakaat yang dilaksanakan oleh rosulloh adalah sebanyak 2 rakaat pada umumnya tetapi ada yang menyebutnya 4 rakaat dan 8 rakaat bahkan ada juga yang menyebutkan bahwa rasullah melaksanakan shalat duha sebanyak 12 rakaat. Dengan beberapa ulasan ulasan tersebut maka shalat duha dapat dilakukan dengan beberapa rakaat tersebut tetapi bagi umat muslim selalu mengutamakan niat karena jika sudah memiliki niat saja Allah SWT akan menganggap jika umatnya sudah bersungguh sungguh meminta kepadanya oleh karena itulah sebaiknya manusia sebelum melakukan ibadah harus memiliki niat yang tulus dari hatinya tidak hanya bermain main saja jika akan menghadap kepada sang pencipta.

Berapa rakaat sholat dhuha

Berikut adalah beberapa ulasan dari masing masing rakaat yang sudah di ulas diatas agar dapat memahami dengan cermat seperti :

Shalat duha 2 rakaat

Nabi shallallahu alaihi wa salam bersabda ketika pada pagi hari setiap tulang dari manusia dihitung sedekah dan tasbih juga sedekah, tahmid adalah sedekah, setiap tahlil sebagai sedekah, setiap takbir juga sebagai sedekah serta melarang perbuatan perbuatan munkar juga adalah bagian dari sedekah kepada Allah SWT. Semua itu sudah cukup dengan melaksanakan sholat 2 rakaat yang dilaksanakan di waktu duha atau pagi hari. Ada wasiat yang mengatakan sebagai 3 perkara yakni puasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat shalat duha dan melaksanakan shalat witir sebelum tidur sebagai bukti mengabdi kepada sang pencipta yakni Allah SWT.

Shalat duha 4 rakaat

Aisyah pernah menjawab pertanyaan bahwa rasullah melaksanakan shalat duha sebanyak 4 rakaat serta beliau menambahkan bilangan rakaatnya sebanyak yang beliau suka oleh sebab itulah inti dari shalat duha adalah 4 rakaat tetapi setiap umat dapat menambahkan bilangan atau tambahan tambahan untuk menguatkan doa doa kepada sang pencipta.

Shalat duha 8 rakaat

Ummu hani binti abu thalib berkata bahwa pada saat suatu pagi rasullah sesudah mandi lalu melaksanakan shalat duha sebanyak 8 rakaat dengan berselimutkan satu potong baju panjang maka dengan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa shalat duha memiliki beberapa rakaat yang berbeda beda tetapi dengan makna yang sama jadi sah jika dilakukan dengan beberapa rakaat yang sudah dilakukan oleh raslullah sebagai panutan semua umat muslim di seluruh dunia.

Shalat duha 12 rakaat

Pada ulasan anas bin manic mengatakan bahwa rasullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda barang siapa yang melaksanakan shalat duha 12 rakaat maka Allah SWT akan membangunkan istana di surge untuk umatnya tersebut. Dari hadits hadits diatas dapat disimpulkan bahwa meskipun banyak sekali rakaat shalat duha yang berbeda tetapi jika umat muslim melaksanakannya dengan tepat waktu serta memiliki niat yang tuus maka Allah SWT akan senantiasa menerima shalatnya tersebut dan mengabulkan semua permintaah permintaan hambanya.

Dengan ulasan artikel ini semoga dapat diharapkan agar semua umat muslim dapat melaksanakan shalat duha secara tepat waktu seperti melaksanakan shalat shalat wajib lainnya agar dapat menghasilkan hasil yang maksimal sebab dengan tepat waktu serta dengan niat yang tulus pasti Allah SWT akan mengabulkan semua permintaan jika dilaksanakan dengan niat yang tulus dari masing masing umatnya. Sekian ulasan dari artikel ini semoga bermanfaat.

https://www.boombastis.com/kisah-keajaiban-shalat-dhuha/108610

Leave a Comment