Ornamen Kaligrafi Masjid yang Indah

Adanya Ornamen kaligrafi Masjid sedikitpun tidak mengurangi kehusyuan dalam beribadah, kan tetapi keberadaan kaligrafi pada mihrab masjid/ mushola akan mempercantik bangunan masjid dan memberi kesan mewah, sehingga kita merasa lebih nyaman tuk berada di dalam masjid. Tehnik pengerjaan hand made, dengan membuat pola langsung pada dinding masjid mengunakan cat acrylic emultion, dan goyangan-goyangan kuas secara manual yang dikerjakan langsung oleh para ahli yang memang berkecimpung di bidang pengerjaan kaligrafi masjid ini. Untuk tulisan kaligrafinya bisa dari Al-Qur’an maupun Al-Hadits sesuai yang anda minta, anda juga bisa memilih sendiri dari 7 jenis tulisan yang memang sangat ladzim di gunakan di Negara kita. Yaitu khot sulus, naskhi, farisi, diwani, diwani jail, riq’ah dan khufi.

jual karpet masjid
jual karpet masjid

Terdapat banyak tokoh pembuat kaligrafi di Indonesia mulai luas mendesain karyanya langsung di dasar dinding, penyebaran seorang penulis kaligrafi pada dasarnya belajar di pondok pesantren. Dia sejak awal memang mempunyai bakat seni menulis arab, kemudian dikembangkan melalui lembaga pendidikan berbasis islam. Setelah bertahun tahun mulailah santri tersebut mencoba membuat Ornamen kaligrafi masjid dikampungnya masing-masing. Tulisan arab dibentuk dalam fariasi ornamen dinding, namun tidak semua orang faham akan makna tulisan kaligrafi tersebut. Dekorasi kaligrafi umumnya berbahan dasar cat terbaru, namun yang terpenting ialah ornamen timbul nampak cantik serta elegan. Ada jarak tertentu tulisan itu akan terlihat natural, kira-kira minimal jarak 5 meter tulisan bisa dipandang lebih indah dari pada dilihat dengan jarak dekat. Alat cetak untuk kaligrafi timbul kami kerjakan ditempat terlebih dahulu, selang sekian hari tinggal meletakkan didasar dinding tembok yang ingin di lukis berdasarkan khat yang di inginkan panitia anggota takmir masjid.

Ornamen kaligrafi masjid hiasan bertuliskan seni bernilai islam, sebagai simbol bahwa kaligrafi masih ada kaitannya dengan perjuangan mensyiarkan agama islam sejak jaman dahulu. Di Indonesia sendiri terbilang masih jarang setiap daerah bisa membuat bermacam macam ornamen, sebab keinginan untuk belajar masih dikatakan minim. Ada juga dari mereka membuat kaligrafi tetapi tidak pernah mempromosikan hasil karyanya ke seluruh wilayah di Indonesia.

http://pabrikkarpetmasjid.com/

Leave a Comment