Resep Kue Putri Ayu Kelapa Merah

Kue putri ayu merupakan salah satu kue basah yang bisa dengan mudah anda temukan di penjaja kue basah. Kue manis satu ini memiliki ciri khas toping kelapanya yang menggugah selera, kontras dengan warna kuenya yang berwarna hijau terang. Tahukah anda, kue putri ayu ini sebenarnya sangat sederhana sekali lho cara pembuatan kue ini. Nah tentunya dengan cara pembuatannya yang mudah ini, anda bisa membuat kue ini sendiri sebenarnya dan tidak perlu terus terusan membeli. Penasaran dan ingin mencobanya? Dalam artikel ini kami akan bahas resep kue putri ayu dengan lengkap untuk anda.

resep kue
resep kue

Langkah pertama dalam resep kue putri ayu ini sudah pasti menyiapkan bahan bahan. Bahan yang perlu anda sediakan memang cukup banyak, tapi pastinya semua ini bisa anda dapat dengan mudah di toko terdekat di sekitar rumah anda. Untuk adonan siapkan bahan bahan berikut ini ;

Tepung terigu sebanyak 300 gr, gula putih 300 gr, pasta pandan atau daun suji secukupnya (pewarna), minyak pandan 1 sendok makan, vanili secukupnya, pengembang kue atau SP satu sendok makan, minyak goreng ΒΌ liter.

Untuk toping :

Satu buah kelapa yang sudah diparut, garam dapur secukupnya, gula merah.

Nah kalau anda sudah mengumpulkan semua bahan bahan diatas, resep kua putri ayu kelapa merah pun sudah siap untuk dipraktikkan.

Dalam resep kue putri ayu kelapa merah ini, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan alat tambahan yaitu mixer dan beberapa wadah yang sesuai dengan jumlah adonan yang akan dibuat, bisa baskom atau wadah lain yang serupa.

  1. Pertama tama campurkan pasta pandan atau sari daun suji dengan minyak pandan menggunakan mixer hingga benar benar padu.
  2. Tambahkan tepung terigu dan gula kedalam campuran pasta dan minyak pandan ini secara perlahan, sedikit demi sedikit saja agar benar benar merata dan tidak menggumpal. Jangan lupa juga untuk memasukkan garam dan vanili ya agar rasanya lebih mantap dan gurih.
  3. Masukkan minyak goreng ke adonan ini dan aduk kembali dengan menggunakan mixer hingga adonan menjadi rata dan kalis.
  4. Langkah selanjutnya lelehkan gula merah dengan sedikit air di ketel panas dan masukkan kelapa parut ke dalam lelehan gula merah tersebut. Angkat, lalu kukus selama 20 menit saja. Sisihkan
  5. Selanjutnya, siapkan cetakan kue putri ayu, jika tidak ada anda juga bisa menggunakan cetakan lain serupa. Tapi sebelumnya olesi dulu permukaan dalam alat cetak ini dengan minyak goreng atau mentega.
  6. Jejalkan kelapa kukus di bagian bawah cetakan dengan padat, kemudian guyur dengan adonan kue putri ayu ini. Lakukan berulang dan kukus di panci dengan suhu sedang saja, tunggu selama 20 menit lalu angkat.
  7. Kue putri ayu kelapa merah buatan anda siap untuk dihidangkan.

Bagaimana? Mudah sekali bukan mempraktikan resep kue putri ayu ini? Kue putri ayu kelapa merah ini memiliki rasa yang lebih manis dibanding kue putri ayu biasa karena toping kelapanya diresapi lelehan gula merah terlebih dahulu. Kue ini akan sangat lezat jika anda menikmatinya dengan segelas teh hangat saat hujan. Bisakah anda bayangkan??

Leave a Comment