Cara Menghafal Trigonometri Sudut Istimewa

Untuk menghafal nilai dari sin, cos, dan tan dari sudut sudut istimewa, ada cara dan metode mudah yang dapat anda gunakan. Cara menghafal trigonometri sudut istimewa tidak akan terlalu sulit kalau anda memahami prinsip dasar trigonometri sudut istimewa itu sendiri, lho! Penasaran?

Untuk lebih memudahkan anda perihal menghafal, terutama dalam hal trigonometri sudut istimewa, ada cara yang menurut penulis amat mudah untuk diterapkan. Lebih lagi, cara ini hanya menggunakan salah satu bagian tubuh yang anda miliki.

Cara Menghafal Trigonometri Sudut Istimewa Menggunakan Konsep Tangan – H2

Mengacu pada gambar diatas, menghafalkan rumus trigonometri terutama sudut istimewa akan lebih mudah memahaminya. Bagaimana cara menggunakannya? Berikut penulis jabarkan cara dan langkah persisnya agar efektif dapat anda gunakan.

Cara Menggunakan Hafalan Trigonometri Sudut Istimewa Dengan Bantuan Konsep Tangan – H3

Cukup mudah, ini dia langkah yang harus anda terapkan:

  1. Untuk menentukan rumus dasar nilai trigonometri sudut istimewa, gunakan racikan berikut ini: “1/2 akar n” dengan “n” adalah angka-angka di jari tangan.
  2. Untuk Sin x menggunakan angka dengan background HIJAU yang searah dengan jarum jam, dan Cos x latar belakang KUNING yang berlawanan dengan arah jarum jam.
  3. Sudut Istimewa mulai dari 0 di kelingking sampai 90 di jempol
  4. Untuk mencari trigonometri (sin cos tan) sudut istimewa anda hanya perlu memasukkan nilai “n” pada rumus yang ada “d”
  5. Agar mendapatkan nilai tangen dari trigonometri sudut istimewa, anda hanya perlu membagi nilai Sin yang ada dengan nilai Cos yang sudah anda dapatkan.
  6. Selesai!

tan x = sin x/ cos x

Kalau anda masih bingung perihal cara penggunaan dengan bantuan konsep tangan di atas, lihat contoh di bawah ini:

Sin 90, Lihat warna hijau, jari telunjuk n= 4 —-> sin 90 = 1/2 x akar 4 = 1/2 x 2 = 1

Cos 60, Lihat warna kuning, jari telunjuk n =1 makan Cos 60 = 1/2 akar 1 = ½

Kurang lebihnya, itulah cara menghafalkan sudut istimewa pada trigonometri. Apakah cukup membantu anda? Memang, pada awalnya, akan sulit digunakan karena belum terbiasa. Namun, lambat laun, akan terlihat progres anda dan nantinya akan terbiasa dengan sendiri. Coba terus, ya!

sumber: rumusmatematika.id

Leave a Comment