Bagi Yang Memiliki Restoran, Perhatikan Pengendali Rayap Yang Handal Ini.

Serangan rayap bisa terjadi di area sekitar restauran. Apalagi ketika restaurant Anda menggunakan banyak material alami seperti kayu atau berlokasi di tempat sangat lembab. Lakukan pengendalian rayap untuk restauran secara mandiri daripada menggunakan jasa pest control.

Rayap merupakan satu kelompok hama yang terdiri dari banyak spesies. Pembagian di atas tingkat spesies sendiripun masih banyak, misalnya pembagian rayap berdasarkan habitatnya seperti rayap tanah dan rayap kayu kering. Artinya, terdapat sangat banyak jenis rayap yang tersebar di muka bumi ini. Dan sebagaimana beberapa serangga yang jumlahnya begitu banyak, rayap ditemukan di hampir seluruh wilayah bumi kecuali area-area seperti antartika dan artik.

Meski memiliki perbedaan di sana-sini, namun hampir semua jenis rayap punya kesamaan. Salah satu yang utama adalah posisinya dalam siklus kehidupan sebagai organisme dekomposer. Serangga ini sering memakan material organik dan mencacahnya menjadi lebih kecil. Hasil kerja rayap kemudian akan digunakan oleh bakteri pembusuk dan mikroorganisme lain untuk diubah menjadi zat anorganik. Berkat kerja organisme-organisme ini, tanah akan menjadi lebih subur sehingga tumbuhan mendapatkan zat baru untuk hidup.

Singkat kata, rayap punya peran penting dalam keseimbangan alam. Namun bagaimana ketika serangga ini menyebabkan kerusakan di tempat usaha kita?

Salah satu jenis usaha yang bisa dibilang rentan akibat serangan rayap adalah restauran. Dan karenanya, bagi Anda yang bergerak di bidang ini, adalah sangat penting untuk tahu dan menerapkan pengendalian rayap untuk restauran Anda itu. Berikut ini beberapa poin yang menjadikan restoran merupakan salah satu tempat favorit yang disukai rayap.

  1. Banyak terdapat sampah organik. Makanan sisa restauran, bumbu dapur, dan lainnya secara alami akan menarik organisme seperti rayap.
  2. Penggunaan material kayu. Banyak restauran yang menggunakan kayu untuk dinding, mebel, sampai lantainya untuk menarik perhatian pengunjung. Bahkan banyak juga restauran yang menggunakan konsep gazebo. Meskipun memang menarik, namun pemakaian material kayu harus diantisipasi dengan treatment anti rayap yang bagus.
  3. Poin ini khusus untuk restoran yang berada di area kurang ideal meski secara visual bagus. Misalnya di daerah sekitar danau yang lembab, daerah sekitar perkebunan dan sawah, sampai daerah di sekitar sungai. Banyak restauran yang agar bisa memberikan suasana menarik didirikan di area-area seperti itu. Namun terlepas dari keindahannya, beragam area tersebut merupakan area rentan serangan hama.

Pengendalian rayap untuk restauran dengan demikian sangat perlu dilakukan. Dan pada dasarnya tak sulit untuk melakukannya. Yang jelas, jangan tunggu terdapat kerusakan parah pada tempat usaha Anda di mana Anda sampai harus menggunakan jasa pest control atau pengendali hama.

Bagaimana Cara Pengendalian Rayap Untuk Restauran?

  • Mebel dan Kayu Konstruksi

Keberadaan mebel dan kayu konstruksi idealnya berasal dari produk yang sudah ditreatment dengan anti rayap yang bagus. Bagi konsumen seperti Anda, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama, membeli mebel yang sudah membuktikan dirinya melakukan tretament pengawetan yang bagus. Kedua, memesan mebel dan memastikan dilakukan treatment anti hama. Dan ketiga, memastikan pihak kontraktor yang membangun restauran Anda untuk menerapkan treatment anti rayap pada kayu-kayu konstruksi hingga lantai kayu yang dipasang. Demikian juga dengan lantai, jendela, hingga elemen bangunan lainnya.

  • Inspeksi Rutin

Pengendalian rayap untuk restauran juga perlu didukung dengan inspeksi atau pemeriksaan rutin. Lakukan inspeksi di area yang paling rentan terserang rayap mulai dari ruang dapur, pojok ruangan, belakang mebel, sampai di bawah mebel. Perhatikan juga area bangunan yang dekat dengan outdoor. Bila Anda mendapati serangan rayap, segera gunakan pembasmi hama untuk membasminya. Perhatikan terus perkembangan koloni rayap tersebut karena bisa jadi sarangnya berada sangat jauh di dalam bawah tanah.

Leave a Comment